WEBINAR MENIMANG PARTAI KRISTEN SATU 2024

UNGKAP86.COM, Jakarta - Quo vadis Partai Kristen mungkin itu kata yang tepat melihat carut marut internal partai kristen saat ini. Tekanan oligarki partai partai peninggalan orde baru beserta tokohnya membuat partai partai baru sulit hadir apalagi lolos dari lubang jarum aturan aturan KPU.

 Sudah XI kali PEWARNA INDONESIA menggelar WEBINAR mencari benang merahnya apakah Partai Kristen, Kristiani, bernafaskan Kristiana bisa hadir pada Pemilu 2024. Banyak juga yang sudah terlanjur menikmati jadi buntut gajah ketimbang jadi kepala tikus, mungkin sudah terbiasa menikmati lezatnya sop buntut.

Diskusi online ke XI yang digelar Selasa 13 Juni 2020 mengambil topik MENIMANG SATU PARTAI KRISTEN 2024.

Webinar XI menghadirkan Partai Partai Kristen yang sudah berkomitmen berjuang mengikuti Pemilu 2024 seperti Partai Damai Sejahtera, Partai Indonesia Damai, dan Partai Demokrasi Republik Indonesia Sejahtera

 Pada Webinar sebelumnya PEWARNA menggelar diskusi daring dengan tema tema tentang partai Kristen adakah peluang di tahun 2024. 

Berbagai narasumber telah di hadirkan sepanjang diskusi berjalan, baik dari tokoh-tokoh agama yang menjadi ketua ketua umum Sinode maupun aras gereja, dari praktisi hukum, politik dan aktivis masyarakat.

Para tokoh-tokoh berbagai daerah, kaum perempuan, kaum melinial ketua-ketua ormas Kristen dan ketua ormas yang beragama Kristen dan tokoh lintas agama bersama memberikan masukan bagaimana peluang partai Kristen dan apa yang perlu diperhatikan dalam membangun partai Kristen.

Ditutup dengan para pentolan partai Kristen yang sudah berkeinginan maju dalam tahun 2024, dengan tema menimang satu partai Kristen 2024, Tema diangkat dari realitas yang ada bahwa sepanjang diskusi diadakan terdengar dua partai Kristen ataupun bernafaskan Kristen yang bergeliat untuk turun gelanggang dalam pesta demokrasi 2024 nanti. Belum lagi satu partai lama yang konon sedang konsolidasi kepengurusan.

Lalu seperti apa alasan mereka ingin mendirikan partai ataupun mau membangkitakan partai Kristen, kedua narasumber yang hadir saat itu baik Kamaruddin Simanjuntak ketua umum Partai Demokrasi Rakyat Indonesia Sejahtera (PDRIS) dan Waketum PDS Hendrick Assa, bahwa partai ini perlu hadir untuk mengisii ruang kosong yang selama ini belum mampu diperjuangkan oleh partai yang ada di Senayan.

Persoalan ketidakadilan, kesetaraan hukum, terlebih bagi masyarakat yang dianggap minoritas, bagaimana pendriian rumah ibadah masih saja menjadi persoalan, daerah-daerah yang mayoritas Kristen masih tetap tertinggal. Perlakukan Papua yang masih terkesan berat sebelah, di mana kalau ada pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang-orang Papua begitu cepat diambil tindakan hukum sebaliknya tumpul dan lemah kalau yang melakukan atas nama agama tertentu.

Maka baik Kamaruddin maupun Hendrik yang sama-sama berlatar belakang lawyer ini sepakat untuk berjuang melalui partai politik yang jelas dan tegas platformnya memperjuangkan kesetaraan tersebut.
“Jangan pernah menitipkan perjuangan kita ke orang lain, karena nyatanya selama ini belum bisa diemban oleh mereka”, tukasnya mengajak.

Kemudian menanggapi adanya dorongan agar jika ada partai baik yang Kristen maupun bernafaskan Kristiani untuk sepakat satu, dua-duanyapun saling terbuka sepanjang memang ada komunikasi yang jelas.

Sedangkan Estefanus Baleti Wasekjen Asosiasi Pendeta Indonesia dalam tanggapannnya mengatakan "Sebelum melangkah menjadi sebuah partai politik Kristen sebaiknya dihitung dengan cermat, berapa jumlah umat Kristen yang memiliki hak pilih, jangan sampai membuang-buang waktu mendirikan partai Kristen ternyata dukungannya tidak signifikan" ungkapnya.

Senada dengan Baleti Sahat Sinurat sekjen GAMKI dan mantan Ketua Umum GMKI ini juga menyorot yang sama mengatakan "Apalagi 80 persen masyarakat Kristen sudah tergabung di partai nasionalis. Namun kalaupun memang partai Kristen ada perlu dibuat strategi seperti keadilan sosial, hukum dan sebagainya. Apalagi bicara kesejahteraan banyak dari wilayah Kristen yang tertinggal inilah yang perlu diangkat dan diperjuangkan partai Kristen ini" tukasnya.

Sahat melanjutkan "Munculnya partai ini harus juga komunikasi dengan ormas-ormas Kristen yang ada, agar mendapatkan masukan serta ada proses kaderisasi berjalan, sampai saat ini GAMKI belum diajak bicara" ungkapnya.

Mawardin Zega sekjend MUKI mengatakan "Kalau memang akan ada partai Kristen sebaiknya terbuka, apalagi ada dua atau tiga partai yang akan tampil. Dengan keterbukaan tersebut umat dapat menentukan partai mana yang memang patut didukung dan mana yang tidak" kata dia.

Mawardin melanjutkan “Saya bersyukur ternyata ketiga partai yang akan muncul itu semuanya tergabung di MUKI”, terangnya tersenyum.

Sementara narasumber satu-satunya perempuan Adolfina Koamesakh wakil sekjen PIKI Sumatera Utara, mengatakan "Mendukung penuh hadirnya partai Kristen namun demikian partai Kristen harus mampu mengidentifikasi unsurt-unsur yang membahayakan yaitu egosentris kelompok, sektoral dan partikularisme. Partai Kristen perlu ideology yang kuat untuk dinyatakan dalam platform parpol. Komunikasi menjadi penting agar platform ini tersampaikan" terangnya.

Tentang pentingnya partai Kristen juga disuarakan Izak Hikoyabi dari papua, prinsipnya segera bentuk dan dirikan, dirinya siap untuk menjadi sekjen untuk Papua.

Mengenai perhitungan ataupun penelitian tentang seberapa dibutuhkan partai Kristen dan juga membuat secara terbuka ketiga partai UKI siap melakukan itu, tinggal bagaimana ketiga partai itu memberikan visi misi dan sejauhmana ideology perjuangannya ke depan. Sehingga dari penelitian ini akan menjadi referensi bagi umat Krisetn itu sendiri, tukas FX Gian tue Mali Kaprodi ilmu politik UKI ini.

Geliat dan kemauan membangun partai Kristen ataupun bernafaskan Kristen memang masih pro dan kontra, namun terlepas dari itu semua hampir sepanjang diskusi diadakan mereka sepakat bahwa mengenai peluang tetap terbuka.

Pertanyaannya sekarang sejauhmana partai Kristen itu mampu mengemas dirinya sebagai partai yang mengedepankan moralitas dan mau belajar kekuarangan partai Kristen masa lalu.

Tak kalah pentingnya partai Kristen juga harus mempertegas, adanya pandangan bahwa kehadiran Partai Kristen sudah selesai karena sudah fusi dengan PDI, padahal PDI sendiri tidak ada sekarang, dan era reformasi sudah membuka dirinya dengan sistem multi partai, seperti yang diungkapkan Sahat Sinurat. (Thony Ermando).

0 Response to "WEBINAR MENIMANG PARTAI KRISTEN SATU 2024"

Posting Komentar