TANTANGAN EKONOMI DAN IMAN , 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA"

Jakarta - Obrolan Sehat dan Berisi (Obsesi) adalah program fenomena sosial yang sedang tejadi saat ini. Program OBSESI pada pekan ini mengambil topik "TANTANGAN EKONOMI DAN IMAN , 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA". Program ini terselengara atas kerjasama RPK 96.3 FM dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PEWARNA). Pemandu acara dari Ketua DPD PEWARNA Jabar Kevas Hervin Devananda dan Thony Ermando dari DPP PEWARNA Indonesia sedangkan prmbicara utama Lukman Pandji seorang praktisi perekonomian yang sudah banyak membangun UMKM dan juga seorang rohaniwan atau motivator rohani.
Persoalan yang didiskusikan dan dipaparkan Lukman Panji sebagai berikut :
 PEREKONOMIAN GLOBAL DUNIA.
Dana Moneter International (IMF) yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2022,  3,2 % ( Year over year) lebih rendah dari perkiraan April 2022 sebesar 0,4 %. Terjadi perlambatan usai thn 2021 pencapaian 6,1 %.
laporan Prospek Ekonomi Global yang dirilis Bank DUNIA : 2,9 % pd thn 2022 , Tahun 2021 : mencapai 5,7 %.
FAKTOR PENYEBAB DATANG BERTUBI TUBI
Usai memasuki post pandemic covid 19, roda perekonomian bergerak…
Dikejutkan eskalasi geopolitik Rusia dan Ukraina, menelan banyak  korban jiwa juga berdampak pada ekonomi global.
kenaikan BAHAN BAKAR ENERGI Gas dan minyak bumi.Tersendatnya pasokan bahan pangan.
> TINGGINYA TINGKAT INFLASI ,Bank Dunia pd bln April yl 7,8 % tertinggi sejak 2008. Dinegara berkembang : 9,4 % negara maju 6,9 %. Karena kenaikan harga komoditas energi dan bahan pangan. Sementara rantai pasokan makin rumit.
INDONESIA : (Badan Pusat Statistik/BPS) per 1 Agst : 4,9 %.
Turki : 78,6 %, Argentina : 64 %, Rusia 15,9 %,  Brasil : 11,9 %.
Akibatnya : pengetatan kebijakan moneter terjadi di seluruh negara….
BANK SENTRAL AS (THE FED) menaikkan suku bunga dari 50 basis > 0,75% sd 1 % memicu apresiasi dollar terhadap mata uang negara berkembang.

PEREKONOMIAN NASIONAL.
Bpk Presiden Jokowi saat pertemuan dengan direktur Pelaksana IMF, Kristalina Gergeve  inflasi domestic 4,2 % , pertumbuhan ekonomi 5,01 %. 
Bersyukur Fundamental ekonomi memiliki daya tahan yang cukup kuat ditengah resiko global,dengan probabilitas resesi 3 %,  dibandingkan negara2 kawasan Asia Pacifik seperti ; Srilangka 85 %.    Selandia Baru 33 %,    Korsel 25 %      Jepang 25 % China 20 %.
STAGFLASI =  yaitu sebuah periode saat INFLASI dan Kontraksi (menurunnya pertumbuhan ekonomi, meningkatnya jobless ) terjadi bersamaan pd masa resesi.
EKONOMI : merupakan perilaku manusia, mengelola sumber daya yang terbatas dan menyalurkannya kedlm berbagai individu atau kelompok dalam masyarakat.
Arti kata :  berasal dari bhs Yunani “ Oikos” = keluarga atau rumah tangga.
 “ Nomos” = peraturan, aturan atau Hukum.
           ATURAN RUMAH TANGGA atau MANAJEMEN RUMAH TANGGA.
 BAPAK PRESIDEN MENGINGATKAN masih ada 60 negara diperkirakan riskan mendekati jurang resesi.(Info IMF)
Perekonomian nasional seolah mendapat durian runtuh : KENAIKAN HRG KOMIDITI, REFORMASI PERPAJAKAN, Perdagangan Ekspor – Import , SURPLUS.
BEBAN APBN
Subsidi BBM, yang sangat besar, Bantuan bidang Kesehatan, Pendidikan , pemb.Infrastruktur, bantuan UMKM.
DAMPAK PADA PELAKU BISNIS.
Para pelaku industry lebih menekankan kepada sisi efisiensi pembiayaan produksi supaya mengurangi PHK.
Pukulan untuk para pengusaha KOMODITI TERTENTU SEPERTI BIDANG PROPERTI DAN PROYEK infrastruktur yang menelan permodalan besar untuk jangka waktu Panjang.
# Mendorong dan menggalakkan sektor UMKM, yang dikatakan merupakan salah satu fondasi ekonomi masyrakat kelas menengah kebawah.
KOMPLEKSITAS :
Besaran UMR nasional bagi naker Rp 4.641.854,00.DKI  Sementara UMP 2022 terendah adalah Jawa Tengah yakni Rp 1.812.935,43
PTKP yang dianggap standar biaya hidup layak 4,5 jt perbulan atau 54 jt pertahun bagi WP….kalau kawin plus 4,5 jt pertahun anak garis keturunan 4,5 jt pertahun.
KEBENARAN FA :
PENCIPTAAN : menempatkan manusia Taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara (memanage) taman itu. (Kej.2:15)
Dengan bersusah payah engkau mencari rejekimu dari tanah seumur hidupmu (Kej. 3 :17).
Hari terakhir akan dating masa yang sukar…manusia akan mencintai dirinya dan menjadi hamba uang  (II Tim 3:1).
Pangan : “ Secupak gandum sedinar, 3 cupak jelai sedinar !!” (Wahyu 6:6).
Nubuatan kemunculan binatang yang keluar dari dalam bumi dengan tanda2 membeli atau menjual….(perdagangan, perekonomian). (WHY 13 : 15-16).
PANDANGAN PERSPEKTIF IMAN KRISTEN.
1.Bukan waktunya umat dicekoki iman mimpi ilusi. Jurus “sulap” yang seolah semua mudah cukup dengan kata kata iman !! contoh : Prosperity Gospel lebih banyak mimpi pungguk merindukan bulan.
2.Berdoa dan Bekerja, Iman dan Perbuatan.
3.Mentalitas lihat kaum pebisnis, ulet, Tangguh…jatuh bangunnya, lelahnya hingga penciuman dan instink bisnisnya tajam.
4.Bidang Industri terpukul utk tetap bisa menekan harga pokok dan pertimbangan daya beli pasar.
5.Perhatikan orang2 sukses , advis pandangan : Warren Buffet misalkan…investasi dibidang yang dikuasai, ahli sebab keahlian tidak akan hilang.      6.Dalam berusaha JANGAN HANYA TERTUMPU pd PERMODALAN FINANSIAL, Tetapi lebih kepada : membangun upaya , menjalin relasi dan kepercayaan..
Buatlah estimasi yang bisa terukur, presentasikan dari sisi fundamental usaha yang telah ditekuni : Biarkan kawan menilai : Feasible atau tidak…
Sebab sebagian besar lupa akan ajaran Kristus kala membangun sebuah proyek !!
BANGSA INDONESIA > PEJUANG, apalagi manusia rohani yang ada ditengah bangsa.
Banyak kesaksian contoh2 baik yang gagal, juga yang berhasil setelah sekian tahun akhirnya memberkati banyak orang, menampung naker dll..7

0 Response to " TANTANGAN EKONOMI DAN IMAN , 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA""

Posting Komentar