WARGA BERANG DATANGI BPN JAKSEL JANJI MANIS SERTIPIKAT PTSL TAK KUNJUNG SELESAI

UNGKAP86.COM, Jakarta - Program pemerintah yang diluncurkan Pemerintahan Jokowi untuk memiliki jaminan kepastian hukum atas tanah dan bangunan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebagai inovasi dalam menanggulangi permasalahan tanah dan bangunan.

Erman Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sunraizal memberikan jawaban berapa lama prosesnya.

"Kalau semua lengkap (berkas persyaratan PTSL dan tidak ada permasalahan hak), bisa 1 bulan selesai atau maksimal 2 bulan," ujar Sunraizal saat konferensi pers, Jumat (3/6/2022) dikutib dari harian Kompas.
Namun janji manis tersebut sangat mengecewakan warga masyarakat di wilayah Jakarta Selatan ada warga yang sudah mendaftar dan diukur sejak tahun 2019, banyak yang sudah diproses selama 3(tiga tahun) dan dijanjikan tinggal cetak namun tidak juga selesai. Ada juga RW dari salah satu Kelurahan di Jaksel mengatakan "Warga Saya yang salah ketik namanya tinggal ganti satu huruf saja selama 2 tahun diurus belum juga selesai".  

Pada akhirnya warga melaporkan permasahan ini kepada anggota DPRD DKI dari fraksi PSI  August Hamonangan SH., MH., dan warga masyarakat Jaksel mendatangi kantor BPN Jaksel pada Jum'at (21/07/23).

Agust Hamonangan Anggota DPRD DKI dari fraksi PSI adalah wakil rakyat yang peduli pada keluhan warga DKI dan rajin turun langsung ke warga hingga tingkat RT. Mendampingi pengaduan warga Jagakarsa, Pancoran, Pejaten Timur dan Rajawali Pasar Minggu, serta Pesanggrahan terkait masalah PTSL di BPN Jakarta Selatan pada Jumat (21/07/21).

August Hamonangan SH., MH.  Anggota DPRD DKI Jakarta dari PSI Jagakarsa,  Pasar Minggu, serta Pesanggrahan terkait masalah PTSL Meyampaikan kedatangannya pada Tentrem Prihatin Kepala BPN Jaksel yang baru dilantik.

Warga masyarakat yang hadir menyampaikan keluhannya terkait pelayanan dan prosedur yang lamban proses PTSL,. Salah satu RW dari Salah satu kelurahan mengatakan " Kami sudah mendaftar kemudian melengkapi dokumen diukur dan kami serahkan berkasnya sejak tahun 2019 hingga hari ini belum juga selesai" kemudian Tentrem Prihatin menjawabnya dengan alasan alasan dan sesuai aturan yang berlaku dan berjanji akan segera menuntaskan dokumen yang selama ini sudah masuk BPN Jakarta Selatan. Kemudian RW melanjutkan "Warga saya yang sertipikatnya salah huruf minta di rubah selama 2 tahun belum juga selesai" Tentrem Prihatin mengatakan "Harusnya proses itu selesai 1 hari saja, besok senin datang sudah jadi sertipikatnya" Tegasnya 

August Hamonangan berjanji akan mendatangi langsung ke Kelurahan RW/RT apabila dipersulit oknum petugas (Thony)

0 Response to "WARGA BERANG DATANGI BPN JAKSEL JANJI MANIS SERTIPIKAT PTSL TAK KUNJUNG SELESAI"

Posting Komentar